Pulau Bintan itu dimana?

By PADLI PRIJAN - Juni 08, 2018

maps.google.com - Pulau Bintan
Sejak pindah dari Sulawesi Selatan beberapa tahun lalu, banyak yang menanyakan keberadaan saya. Mulai dari teman sekolah, teman kerja, kuliah bahkan guru saya semasa sekolah dulu. Mendengar nama Pulau Bintan sering kali saya dikritik... "Bintan apa Bintang..?", "Ya kura-kura" begitulah, sampai akhirnya saya harus meposting peta di beberapa akun media sosial saya agar mereka bisa melihat letaknya dimana.

Dimana itu Pulau Bintan? bagaimana kalau mau kesana? terus ada apa saja di Pulau Bintan? Postingan ini saya buat khusus untuk mereka-mereka yang berada di timur sana.

Pertama coba buka dulu peta, boleh peta gulung atau via smartphone, lalu cari Provinsi Kepulauan Riau. Tapi ingat ya, Kepulauan Riau bukan Riau. Nama ini memang sering membuat bingung karena sebelum dimekarkan sebagai provinsi sendiri, wilayahnya masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Riau, Pekanbaru. Jadi, pastikan petanya bukan peta buta, hehe...


Dari peta di atas semua pulau yang berwarna merah merupakan kawasan Provinsi Kepulauan Riau dan pulau - pulau di provinsi ini ada yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam. Pulau Bintan yang mana ya?. Silahkan tuang minuman dulu biar lebih santai membacanya.



Jadi Pulau Bintan merupakan pulau terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Disinilah Kota Tanjung Pinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau berada dan satu-satunya kabupaten di pulau ini adalah Kabupaten Bintan. Akses menuju kesini pun tidak begitu sulit, kalian bisa menggunakan transportasi laut dan udara.

Naik kapal laut (PELNI), silahkan mengambil pelayaran tujuan Pelabuhan Kijang. Lama perjalanan tergantung dari pelabuhan mana kalian bertolak, Tual, Larantuka, Maumere, Bau-bau, Makassar, Surabaya, Jakarta, yang pastinya perjalanan lebih dari 24 jam, bahkan berhari-hari. Berani..??

Buat yang lebih suka naik pesawat, di pulau ini terdapat Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah yang terletak di Kota Tanjung Pinang. Jika di daerah kalian belum terdapat maskapai penerbangan kesini, kalian juga bisa melakukan penerbangan menuju Pulau Batam, tujuan Bandara Internasional Hang Nadim. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat menuju terminal penyebrangan laut di Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam. Silahkan lihat peta di bawah...

Setelah tiba di area pelabuhan, kalian bisa memilih jenis transportasi untuk menyeberang ke Pulau Bintan, yaitu dengan menggunakan kapal cepat (speed boat) atau kapal ferry (Roro). Perlu diingat, pintu masuk pelabuhan kedua kapal berbeda. Saya menyarankan sebaiknya menggunakan kapal cepat. Untuk melihat pelabuhannya silahkan zoom peta di atas.

Di pelabuhan ini terdapat dua rute pelayaran ke Pulau Bintan, yaitu tujuan Pelabuhan Sri Bintan Pura di Kota Tanjung Pinang, lama perjalanan sekitar 1 jam dan Pelabuhan Bulang Linggi di Kota Tanjung Uban, perjalanan sekitar 15 menit saja. Silahkan membeli tiket tujuan Tanjung Uban...


Tiba di Tanjung Uban artinya kalian sudah di Pulau Bintan. Buat yang belum tahu, Pulau Bintan ini adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Kepulauan Riau. Mungkin buat kalian di belahan timur Indonesia masih banyak yang asing dengan nama pulau ini.

Sebagai daerah wisata, Pulau Bintan memiliki destinasi yang cukup menarik, juga resort dan hotel dengan bermacam-macam kelas untuk menginap.

Di Kabupaten Bintan kalian bisa mengunjungi Kawasan Wisata Lagoi, tepatnya di Bintan Resorts. Sedangkan di Kota Tanjung Pinang kalian bisa mengunjungi beberapa situs sejarah, baik di dalam kota atau pun di pulau, seperti Pulau Penyengat. Kalian juga bisa mencoba aneka macam kuliner khas melayu disana.

Sebagai tambahan, berikut beberapa foto destinasi wisata cantik, unik dan menarik yang bisa kamu kunjungi di pulau ini.
1. Gurun Pasir Pulau Bintan

2. Lagoi Bay Beach Resort

3. Treasure Bay

4. Vihara Patung 1000

5. Pantai Trikora


Begitulah "kura-kura" kalau mau ke Pulau Bintan. Sekian dan semoga makin penasaran.....

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar