Ke Bintan Mangrove, Tips agar tour lebih aman dan menyenangkan.

By PADLI PRIJAN - Mei 06, 2018



Kalian sudah di Bintan tapi belum tahu mau kemana, destinasi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Apalagi kalau kalian punya ketertarikan bertualang di alam terbuka, daripada diam di hotel atau mungkin jenuh di rumah saja, boleh deh main kemari dijamin tidak bakalan membosankan. Agar tour kamu lebih aman dan nyaman, berikut saya bagikan tipsnya...

Bagaimana Menuju Bintan Mangrove?, lokasinya sangat mudah ditemukan dan tidak perlu takut kesasar atau salah alamat. Kalau kalian lagi stay di hotel atau kebetulan berada di kawasan Bintan Resorts, langsung saja hubungi Brc Tours untuk reservasi dan mengatur jadwal penjemputan. Sedangkan buat kalian yang datang dengan kendaraan sendiri, seperti dari Kota Tanjung Uban atau Tanjung Pinang, cukup menggunakan aplikasi peta dari Google sebagai petunjuk jalan. Buka aplikasi maps di smartphone, lalu cari Bintan Mangrove seperti gambar di bawah.





Selanjutnya kalau kalian sudah tiba di lokasi, pastikan pintu gerbangnya seperti ini ya, jangan lupa berfoto dulu sebelum masuk ke dalam. Saat berjalan masuk, di sekeliling kalian ada banyak pepohonan yang besar-besar dan biasanya menjadi tempat hang out kawanan monyet, tapi tidak perlu takut karena mereka tidak nakal (kalau tidak diganggu}.



Registrasi, sekitar 35 meter dari gerbang terdapat pos registrasi. Sebelum memulai tour pengunjung harus mengisi form yang telah disediakan oleh petugas. Biayanya Rp. 380.000 untuk dewasa dan Rp. 250.000 untuk anak-anak. Jangan lupa mengambil potongan kwitansi pembayarannya ya.



Toilet, setelah registrasi pastikan dulu kalau kamu sudah benar-benar siap atau tidak sedang ingin buang hajat. Karena di lobby jetty Bintan Mangrove tidak tersedia toilet, silahkan ikuti petunjuk seperti di gambar untuk segera menyelesaikannya. Ini sangat penting karena tour akan berlangsung selama satu jam dan di sepanjang rute tidak tersedia kamar kecil.



Perlengkapan Keselamatan, di Lobby Jetty Mangrove kalian akan diberikan briefing sebelum menaiki boat. Petugas akan memberikan informasi mengenai durasi dan rute yang akan dijelajahi, perlengkapan medis, serta penggunaan alat keselamatan seperti cara memakai life jacket. Jangan lupa pastikan life jacket yang kamu kenakan sesuai dengan ukuran, agar nyaman dipakai selama tour.

Titipkan barang bawaan, maksudnya kalau kalian punya barang bawaan yang banyak, sebaiknya dititipkan kepada petugas agar kalian bisa duduk dan bergerak lebih leluasa di boat, apalagi saat berfoto. Bawalah barang-barang sesuai kebutuhan, seperti kamera, handphone atau camilan. Tidak perlu takut basah, karena boat yang digunakan cukup besar, berkapasitas 10 hingga 12 seat.



Gunakan Sunblock, buat kalian yang khawatir kulitnya terbakar atau lecet karena sinar matahari, ada baiknya menggunakan sunblock yang sesuai dengan kulit masing-masing. Sebenarnya sinar matahari di area ini tidak begitu panas, namun tidak ada salahnya jika berhaga-jaga.




Jaga Keseimbangan, saat mengendarai boat keseimbangan sangat dipelukan, saat turun ke boat mintalah saran petugas atau tour guide, kira-kira disebelah mana tempat duduk yang harus kalian tempati, karena berat badan setiap orang berbeda-beda. Mohon untuk tidak tersinggung bila tour guide sewaktu-waktu meminta kamu atau teman bertukar posisi, kalau sudah dalam posisi yang tepat boat langsung berangkat.

Ketika mengarungi sungai tetaplah tenang dan jangan terkejut secara berlebihan, misalnya tiba-tiba berdiri dan berteriak saat melihat hewan, apalagi saat si ular sedang lucu-lucunya tidur di ranting pohon. Bisa saja teriakan kamu membuat pengunjung lain panik dan meloncat, padahal keadaan biasa-biasa saja.



Tidak membuang sampah ke dalam sungai, ada kalanya tanpa sengaja pengunjung membuang bungkus atau sisa makanan saat tour, apalagi ke sungai. Agar kalian lebih manis dan 'tamvan', sebaiknya sediakan kantong sampah sendiri, lalu buanglah ke tempat sampah yang tersedia di jetty mangrove setelah tour selesai. Selain mendukung kebersihan lingkungan, kalian juga ikut meringankan pekerjaan petugas yang membersihkan boat.


Pict. by bumblebeemum.net
Pantau Anak-anak, jangan sampai paps and moms asik sendiri dan akhirnya lalai, tetap perhatikan anak-anak karena selama tour tidak semua bisa diperhatikan oleh tour guide. Yang terpenting jangan sampai anak-anak memegang ranting mangrove saat boat sedang bergerak, bisa-bisa 'nyemplung' atau nyangkut di pohon bakau. Hehe...

A post shared by ^Prijan (@prijanuary) on

Bagilah Senyum dan Tawa, tour yang menggembirakan adalah suasana tour yang hidup, penuh dialog dan interaksi yang baik antara tour guide dan wisatawan. Jadi, agar tour tidak berjalan monotone ada baiknya kalian berbagi cerita atau pengalaman kalian yang menarik.

Sekian...

  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. Wah keren nih, sudah sejak lama sih sebenarnya tau di Bintan ada wisata mangrove gini dan sejak dulu penasaran pengen cobain, ternyata keren juga ya hehe, jadi makin penasaran pengen cobain tournya Bintan Mangrove.

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya bang... Kemaren cuma ampe gerbangnya doang belom pernah ikutan tour mangrove-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama..
      Lain kali harus ikut tour, sumpah, keren bgt disana.

      Hapus
  3. Saya pernah ke sini, tapi udah lama banget. Suka banget tour kayak gini. Lain kali mau coba yang malam, nikmati suasana malam bareng firefly :)

    BalasHapus
  4. Seru ya ikut tour gini. Tapi anakku masih kecil2 banget, 4th dan 1th.. apa bisa yaa... Ngeri2 sedap juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wisman kadang ada yg 0 tahun kak, dihitung infant alias Free

      Hapus
  5. Lumayan juga yah harganya buat sekali tour, tapi drngan harga segitu pastinya bakalan terbayarkan dengan keindahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Wah... Seru ya.... Berpetualang do hutan mangrove pasti banyak menemukan binatang ya

    BalasHapus
  7. Seruw banget ya kak!
    Kemaren pas kesitu gak sempet eksplor sampe turun laut begitu, sedih akutu..
    Penasaran juga keknya kalo malem keliling di Bintan Mangrove ini supaya bisa liat kunang-kunang. eh..

    BalasHapus
  8. Wah, seru banget rame-rame. Dari dulu pengen naik boat yang benar-benar terbuka gitu jadi bisa menikmati angin laut sambil liat pemandangan. Soalnya kalau naik pancung biasanya ditutup terpal jadi bener-bener terkurung di dalamnya.

    BalasHapus
  9. Om Prijam bikin iri aja... BTW lumayan juga ya harga paketnya 380rb dw dan 250 rb kids... Utk kesana berempat da 1 jt lebih... Ehmmm gak bisa lebih murah lagi ya? Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu perlu tanya Brc Tours hehe. Sepertinya harga utk indonesian family ada tuh Bu.

      Hapus
  10. Seruuuu
    Dulu pernah ikut tur mangrove tp malam
    Jd cuma liat kunangkunang kunang

    BalasHapus
  11. Nah iya ini seru.. pernah nyampe ke sini dan ngedrone dari atas..
    hihi..

    BalasHapus
  12. Makasi bang tipsnya.
    Seru nih ngajakin keluuarga kesini

    BalasHapus