Merantau, berlapis rindu dibendung badan

By PADLI PRIJAN - April 27, 2018


Merantau, ada banyak cerita yang tidak bisa dibendung saat pulang nanti. Mungkin sebagian orang pernah merasakan hal yang sama.

Dorongan untuk memperbaiki keadaan ekonomi baik keluarga atau pun pribadi adalah salah satu alasan mengapa seseorang merantau.

Selama di Bintan, saya menemukan banyak pengalaman baru, termasuk teman-teman baru yang juga perantau. Dari situ saya mencoba mengumpulkan beberapa pengalaman dari mereka, mengapa sampai "terdampar" di Pulau ini.

Mencari Pekerjaan
Ini adalah salah satu alasan paling umum yang saya dapatkan. Ada yang baru lulus sekolah dan kuliah, ada juga yang baru saja resign, datang untuk mencari kerja kemudian menetap selama bertahun-tahun.

Masalah Keluarga
Meninggalkan rumah dan terpisah dengan alasan apa pun rasanya sangat berat. Apalagi harus meninggalkan anak-anak. Sedih...

Demi Pengalaman Baru
Ada juga yang benar-benar berani. Demi menambah pengalaman hidup, mau berkelana di negeri orang. Mungkin saja terdengar konyol bagi kita, setelah tau kalau sejak di kampung halamannya tidak susah-susah amat. Namun ini adalah pilihan...

Ikut Teman
Kalau alasan satu ini mungkin saja keluar dari mulut kepompong, hehe. Tidak mau jauh dari sahabat terdekatnya.

Dari semua alasan itu, bukan tidak pernah sekali pun mereka berpikir untuk pulang. Malahan ada yang setiap tahun kembali untuk melihat sanak famili, menghampiri kawan lama dan menyapa calon mertua. Namanya rindu, tidak bisa diukur dalamnya, juga bukan soal jarak dan waktu.

Lalu apa...? Biarkan saja berlapis dibendung badan. Seperti kentut yang keluar perlahan, semua akan tahu karena rasanya luar biasa.

Sekian

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar