Bintan Resorts & Masa Depan Pariwisata Pulau Bintan #Kumpul Blogger Kepri

By PADLI PRIJAN - April 29, 2018


"Kumpul Blogger Kepri" adalah tajuk perjumpaan yang berhasil memupuk inspirasi, meluaskan imajinasi dan membuka pintu buat saya untuk mengenal banyak orang baru. Hidup orang baru...!

Introductionnya kayaknya bakalan panjang lebar deh. Jadi, hari ini tanggal 29 april 2018, kami lagi ngumpul di Lagoi Bay Bintan dalam acara talk show "Kumpul Blogger Kepri".  Ya... Lagoi Bay kan luas, ada pantai, danau, hotel, restoran, plaza. Terus di sebelah mana ngumpulnya?. "Nanya ke diri sendiri", hehe... Kami berada di Food*Gram Plaza Lagoi, lantai dua tepat di atas Idola Resto.

Kegiatan ini diadakan oleh BRC Tours dengan mengundang para blogger yang ada di seantero Kepulauan Riau. Tujuannya adalah untuk berbagi informasi terkait pengembangan kawasan pariwisata di Pulau Bintan, khususnya Bintan Resorts. Dalam acara ini hadir pula Grup General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala (PT. BRC) Bapak Abdul Wahab sebagai pembicara, didampingi oleh beberapa orang travel blogger nasional ternama, seperti Kakak Terry Endropoetro, Eka Kurniawan, Rehatemalem BR. Bangun dan seorang script writer, Swastika Nohara.


Bapak Abdul Wahab atau lebih akrab disapa Pak Wahab, selaku tuan rumah beliau memulai pembicaraan dengan pemaparan gambaran umum Bintan Resorts.

Menurutnya, sejak awal dibangun Bintan Resorts telah mengembangkan dan melaksanakan beberapa konsep guna membangun pariwisata berkelas internasional. Dimulai dari Family Tourism Resort, dibuat untuk memenuhi kebutuhan liburan keluarga warga negara Indonesia dan Singapura. Konsep tersebut berdasar pada letak geografis Pulau Bintan yang berada di garis perbatasan kedua negara tersebut. Kemudian dikembangkan lagi menjadi Sport Tourism Resort yang lebih banyak diisi oleh event olahraga, seperti Bintan Triathlon, Spartan, Iron Man, Tour de Bintan dan Bintan Marathon. Beliau juga mengatakan bahwa pada masa yang mendatang Bintan Resort akan mengembangkan konsep Medical Tourism Resort. Namun hal ini belum dijelaskan begitu banyak, sepertinya masih rahasia. Hehe...

Di sela-sela acara, Kakak Rehatemalam selaku moderator juga memberikan kesempatan kepada para audien untuk memberikan pendapat tentang tiga destinasi favorit yang pernah mereka kunjungi. Teman-teman tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan membuat "Kumpul Blogger Kepri" semakin hidup, apalagi setelah tahu kalau panitia akan memberikan hadiah ***Tiiiit **Ttiittt..

Sebagai audien yang *aik, hehe... saya juga sempat merangkum beberapa intisari jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara, sebagai berikut :

1. Dari keseluruhan hotel dan villa di Bintan Resorts, jumlah kamar baru menyentuh angka 2000. Jumlah tersebut belum mampu mengakomodasi jumlah wisatawan saat event-event berlangsung. Saat ini pembangunan Bintan Resorts baru berjalan 35% dan akan dikembangkan menjadi 70% dalam lima tahun ke depan.

3. Airport yang sedang dibangun baru akan beroperasi pada tahun 2020, meskipun akan finish di tahun 2019. Ini merupakan langkah untuk menjadikan Bintan sebagai "Multiple Destination" dalam arti bisa diakses dari berbagai penjuru, seperti Jakarta dan sejumlah kota lain yang ada di seluruh dunia.

4. Dengan beroperasinya airport, Bintan Resorts & Dispar akan menargetkan 1,5 juta wisman dan 1 juta wisatawan Nusantara di tahun 2020.

5. Akses yang mudah ke Lagoi Bay untuk wisatawan, khususnya mereka yang berada di Tanjung Uban dan Tanjung Pinang. Resort akan bekerjasama dengan pemerintah untuk membuka rute Damri ke Lagoi Bay.

6. Resort akan membuka hotel dengan harga kamar yang lebih terjangkau untuk wisatawan Nusantara. Hal ini sudah dipertimbangkan, melihat banyaknya wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia yang datang ke Bintan.

Masih setia membaca?, atau sudah tidak sabar lagi pingin "sekrull daun" ke bagian akhir?. Saya rasa cukup ya... cukup bertele-telenya. Hehe....

Tiga pembicara lain membagikan kesan-kesannya selama empat hari berada di Bintan. Seperti Kakak Terry yang bangga mencoba pakaian adat Melayu di Pulau Penyengat. Kak Tika yang takjub dengan pemandangan alam di Bintan Mangrove, walaupun yang paling berkesan kayaknya cuma "dapur arang". hehe... dan juga yang tidak kalah menarik dari Eka Kurniawan sebagai smart budget traveller, membagikan pengalaman travelllingnya ke puluhan negara dengan budget murah. Ia juga memberikan beberapa tips agar perjalanan menjadi mudah dan aman.

At the end of acara Talk Show "Kumpul Blogger Kepri" diakhiri dengan foto bersama dan kesempatan GRATIS seru-seruan di Rumah Imagi Lagoi Bay Bintan.




Sekian...





  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Sekian Dan terina kasih haha... Acaranya kece banget ya... Nampak banget wajah2 hepi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong Kak, kece itu perlu. Apalagi kalau banyak doorpric, duarrr!!!

      Hapus