Hal yang bisa kamu lakukan Saat Pulang Ke Pulau Bonerate #Edisi Nostalgia

By PADLI PRIJAN - Agustus 07, 2017


Hi, Meskipun musim mudik telah berlalu, tetapi masih saja bayang-bayang untuk pulang menghantui pikiran. Bagaiimana rasanya melihat teman-teman yang berbondong-bondong pulang kampung, mengupload foto dengan berbagai caption sebagai ekspresi kebahagiaannya?. Sedangkan kamu masih sibuk di negeri orang. Yah, tentu saja hal itu bisa memicu rasa rindu semakin menggebu. 

Buat yang masih di perantauan dan belum sempat mudik. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin masih bisa kamu lakukan saat pulang kampung.

1. Naik Kapal
Bagi yang lahir dan besar di Pulau, sudah pasti terbiasa dengan kegiatan ini. Naik kapal tentu adalah bagian yang paling wajib dilakukan. Kecuali punya pesawat pribadi atau kekuatan super untuk terbang dan menyelam.


2. Menikmati Matahari Terbit
Saat dalam perjalanan pemandangan matahari terbit adalah suguhan alam yang paling indah. 


Untuk menyaksikannya, kamu perlu bertolak dari pelabuhan paotere Kota Makassar. Namun ada yang perlu dicatat, mengingat transportasi laut saat ini semakin baik alias kecepatan setiap kapal semakin meningkat, maka bisa jadi pemandangan seperti ini menjadi langka atau pun terlewatkan.

3. Berpetualang di Laut
Laut adalah maha karya Tuhan yang dititipkan kepada kita yang lahir dan besar di Pulau. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin. Salah satu kegemaran masa kecil anak pulau adalah memancing dan benerang. Bisa saja kamu bereuni kembali dengan spot - spot yang kamu senangi di masa lalu.


4. Berwisata Pantai
Pulau Bonerate punya banyak pilihan tempat untuk berlibur ke pantai. Salah satu yang populer di tahun 2011 dan (mungkin) hingga kini adalah pantai Lea-Lea. Selain itu masih ada beberapa lagi, seperti Pantai Limbo, Sambali, One Malangka, Lagundi, Majapahit, Nipa, Bangke, Laja'a dan Pantai Miantu'u.


5. Menikmati Masakan Rumah dan Jajanan Kampung
Seenak apa pun hidangan yang ditawarkan restoran, tetap saja makanan di rumah tak ada duanya. Sebut saja nasi beras campur jagung, ikan asin goreng, ikan bakar dan sayur daun kelor sebagai menu standar sehari-hari. Di Pulau Bonerate hampir setiap rumah menyajikan masakan tersebut. 
Nah, untuk jajanan atau makanan penutupnya bisa direquest. Kalau anggota keluarga tidak memiliki resep khusus, bisa dicoba dengan memanggil atau meminta tetangga membuat Lebo-lebo, Pitiri Mandi, dan Palu Butu asalkan mampu menyediakan bahannya. Selain itu, ada juga alternatif lain, yaitu membeli aneka kue yang sudah jadi. Jangka Taraju Hehe...

6. Jalan -Jalan ke Lokasi Pembuatan Kapal
Saat pagi dan sore hari adalah waktu yang sangat bagus menyempatkan diri melihat pembuatan kapal. Ini adalah salah satu mata pencaharian yang sudah cukup lama ditekuni oleh masyarakat Pulau Bonerate. Mengunjungi tempat ini bisa membantu untuk melengkapi momen pulang kampung kamu. 


7. Menikmati Matahari Terbenam
Matahari terbenam masih sangat menawan di Pulau ini. Apalagi kalau disaksikan dari pelabuhan. Biasanyai dilakukan oleh anak muda setelah beraktivitas, terutama mereka yang baru saja selesai bermain sepakbola dan beberapa jenis olahraga lainnya. 


8. Menghadiri Pesta
Seperti biasa, setiap pulang kampung ada saja yang menghelat acara atau pun pesta. Misalnya pesta pernikahan, sunatan dan akikah yang sering ditandai dengan acara hiburan. Kamu tidak perlu menunggu untuk mendapatkan undangan, datang saja tuan acara tidak akan mengusir kecuali bikin onar. hehehe


Kira-kira seperti itulah beberapa hal yang masih sangat mungkin kamu lakukan saat pulang kampung. Semoga pergantian tahun dan bertambahnya usia, kita semua masih bisa menemukan hal - hal yang kita rindukan di Pulau Ini.



Hormat saya,




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar