Jelajahi Alam di Bintan Mangrove Discovery Tour

By PADLI PRIJAN - April 22, 2018


Bintan Mangrove Discovery Tour berdiri sejak tahun 2002 dan pernah menyabet penghargaan Pasific Asian Tourism Award (PATA) sebagai Winner of The 2003 PATA Gold Award for Eco-ourism & Travel-Related Project. 

Kawasan ini merupakan salah satu dari destinasi wisata alam Pulau Bintan yang ramai di kunjungi. Lokasinya berada di Sungai Sebong Kecamatan Teluk Sebong Bintan Utara.

Tour ini akan membawa sobat menjelajahi hutan mangrove dengan menggunakan boat menelusuri sungai yang panjangnya mencapai 6,8 kilometer. Tour ini bukan sekedar untuk menikmati pemandangan alam, tetapi kita juga akan melibatkan sobat dalam sebuah explorasi yaitu mengenali berbagai jenis dan manfaat mangrove.

Sumber www.brc-tours.com
Masih banyak yang tidak mengetahui kalau mangrove merupakan salah satu kawasan alam dengan habitat makhluk hidup yang paling komplit di bumi. 

Selama tour sobat akan ditemani oleh seorang boat crew dan tour guide. So sobat bisa mendapatkan banyak informasi, seperti cerita lokal, sejarah, informasi pemanfaatan kawasan hutan ini, juga mengenai ekosistem dan sumber daya hayati di dalamnya.

Berikut ini beberapa informasi yang saya dapatkan, hasil jalan-jalan saya disana, yuk cekidot :


Dapur Arang

Tungku arang atau lebih dikenal dengan sebutan dapur arang oleh masyarakat setempat, merupakan lokasi pembuatan arang yang telah ada sejak lebih dari setengah abad silam.

Hutan mangrove sebagai penyedia bahan baku pembuatan arang merupakan salah satu faktor pendorong kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, namun kegiatan tersebut telah berhenti sejak beberapa dekade yang lalu. 


Anak Sungai, petualangan akan semakin menantang. Bagi sobat yang menyukai fotografi bertema nature, tempat ini harus menjadi pilihan utama. Bagian ini menyerupai lorong dengan pohon mangrove yang nyaris membentuk atap. Anak sungai ini juga merupakan salah satu tempat dimana beberapa jenis fauna berlindung.

Ular Bakau, spesies ular berwarna hitam dengan garis-garis berwarna kuning.

ular ini sedang tidur dan biasanya menghabiskan waktu sepanjang hari hanya melilit di atas cabang atau ranting-ranting pohon bakau, 

Tak perlu hawatir dengan reptil yang satu ini. Di siang hari dia tidak bisa memaksimalkan penglihatannya. Tetapi tetap perlu waspada dan menjaga jarak demi keselamatan.



King Fisher, atau nama sehari-harinya "Raja Udang". Hewan yang satu ini merupakan spesies burung tercantik di dalam kelompoknya dan Ia dijuluki sebagai raja karena bentuknya lebih besar dari yang lain. Untuk berjumpa dengannya butuh sedikit keberuntungan, sebab ia hanya muncul di kala air sedang bergerak surut yang mana merupakan waktu berburu bagi kawanan burung pemangsa udang dan ikan. 




Untuk melihat pemandangan seperti ini tidak perlu harus antri ke kebun binatang. Hewan yang satu ini adalah salah satu spesies monyet yang memiliki nama unik, "Silver leaf", ia merupakan anggota dari kawananLutung KelabuBiasanya mereka berkelana secara berkelompok. Tapi yang satu ini sepertinya sedang galau, sendirian saja.


Keindahan alam memang tiada duanya, kawasan ini tidak hanya menarik karena faunanya. Coba sobat lihat sekeliling, disini mangrove tumbuh dengan sangat baik, udaranya sejuk dan efektif untuk menenangkan diri. 

Jika merasa penat karena rutinitas yang padat, cobalah luangkan waktu untuk kembali ke alam.


Wisatawan dari berbagai negara hampir tidak pernah ketinggalan mengunjungi tempat ini. Petualangan yang tidak sia-sia, destinasi yang sangat direkomendasikan buat traveller.





Tour Operator
1. Wira Artha
2. Yetas
3. Wessa Wisata

Durasi Tour
1 (satu) Jam

Jam Operasi
MDT 09.00 - 17.00 (Mangrove Tour)
MNT 19.00 - 21.00 (Fireflies Tour)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar